Campaign Rotator adalah fitur yang terdapat pada plugin RotatorNinja. Dengan plugin RotatorNinja kita bisa membuat campaign Rotator WhatsApp dan Rotator Link. Rotator WhatsApp adalah pembagian porsi traffic leads/chat ke CS sesuai perbandingan, apakah akan diupukul rata ataukah sesuai porsi yang ingin Anda prioritaskan salah satunya sesuai perbandingan/prosentase. Sedangkan Rotator Link adalah pembagian link dan Rotator Ninja akan menghasilkan 1 link saja, dan ketika link tersebut diklik akan dialihkan ke beberapa landingpage tadi sesuai proporsi yang Anda tentukan.
Untuk membuat campaign rotator ada 3 cara yang bisa Anda lakukan. Agar lebih jelas bacalah artikel dibawah ini 3 cara untuk membuat campaign dan cara untuk membuat Rotator WhatsApp dan Rotator Link.
Berikut ini 3 Cara Untuk Membuat Campaign :
1. Melalui menu RotatorNinja, dengan cara klik menu RotatorNinja. lalu pilih jenis rotator yang akan dibuat. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya :
2. Melalui Menu RotatorNinja bagian atas. Arahkan kursor ke menu rotator bagian atas, lalu pilih Rotator yang akan dibuat. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya :
3. Arah kursor ke Menu RotatorNinja, lalu pilih Campaign, kemudian klik tambah ( tanda + ) lalu pilih Rotator yang akan dibuat. lihat gambar di bawah ini :
Membuat Campaign Rotator WhatsApp :
Berikut ini penjelasan bagian-bagian pada Campaign Rotator WhatsApp :
1. Add New Campaign
Berfungsi untuk membuat nama Campaign dan permalink Campaign.
2. Pengaturan
- Aktifkan Mode Waktu : berfungsi untuk membagi waktu jam kerja pada setiap CS. Apabila mode waktu tidak diaktifkan maka pembagian waktu di setiap CS menjadi tidak aktif.
- Pixel dan Tracking : berfungsi untuk menambahkan pixel dan tracking. Pixel yang dipilih boleh lebih dari 1, untuk menambahkan pixel silahkan masuk ke menu Setting RotatorNinja – Data Pixel.
- Timezone : adalah zona waktu / wilayah waktu
- Pesan Pembuka : adalah pesan yang tampil ke whatsApp saat seseorang ingin membeli produk.
- Exact Rotator : Akurasi pembagian Leads Lebih mendekati sempurna sesuai dengan Porsi leadsnya. Namun Membutuhkan Resource yang lebih besar.
3. Customer Servive
Dibagian ini kita bisa mensetting Nama, Nomor WA, Jadwal, Prosentase Leads, dan Primary.
- Nama : berfungsi untuk membuat nama CS
- Nomor WA : berfungsi untuk memasukan nomor WhatsApp
- Jadwal : berfungsi untuk menjadwalkan jam mulai dan jam selesai serta aktif dan menonaktifkan CS yang tidak masuk. Lihat gambar dibawah ini :
- Prosentase Leads : berfungsi untuk membagi rotasi sesuai dengan angka prioritas.
- Tanda + : berfungsi untuk menambahkan CS.
Contoh :
cs 1 => 10%
cs 2 => 10%
cs 3 => 10%
cs 4 =>10%
cs 5 => 60%
Maka masing-masing mendapatkan sesuai jumlah porsinya. Contoh ada 100 klik, maka CS 5 kurang lebih akan mendapatkan sekitar 60 klik (60%)
Keterangan Catatan Waktu : Jika jam mulai adalah Sore, dan Jam selesai adalah Pagi. Maka Jam selesai di hitung untuk hari berikutnya ” Satu Hari dihitung mulai jam 00:00 s.d Jam 23:59 “.
- Primary : Digunakan sebagai Alternatif saat tidak ada jadwal yang aktif.
4. Advance Settings
- Pixel Event : memilih Facebook Pixel Event dan Google Remarketing Event
- Text pada Tombol : text pada tombol saat loading menuju WhatsApp
Setelah semua sudah diatur maka Klik Publish. Kemudian Klik Open Link untuk melihat hasilnya. Dibawah ini hasil Rotator WhatsApp :
Membuat Campaign Rotator Link :
Berikut ini penjelasan bagian-bagian pada Campaign Rotator Link :
1. Add New Campaign
Berfungsi untuk membuat nama Campaign dan permalink Campaign.
2. Pengaturan
- Aktifkan Mode Waktu : berfungsi untuk membagi waktu pada setiap link. Apabila mode waktu tidak diaktifkan maka pembagian waktu di setiap link menjadi tidak aktif.
- Pixel dan Tracking : berfungsi untuk menambahkan pixel dan tracking. Pixel yang dipilih boleh lebih dari 1, untuk menambahkan pixel silahkan masuk ke menu Setting RotatorNinja – Data Pixel.
- Timezone : adalah zona waktu / wilayah waktu
- Meta Deskripsi : adalah pesan yang tampil ke whatsApp saat seseorang ingin membeli produk.
- Exact Rotator : Akurasi pembagian Leads Lebih mendekati sempurna sesuai dengan Porsi leadsnya. Namun Membutuhkan Resource yang lebih besar.
3. Tambahkan Link
Dibagian ini kita bisa mensetting Nama URL, Pengaturan waktu, Prosentase Leads dan Primary.
- Nama URL : dikolom ini kita bisa memasukan nama URL website Anda.
Catatan Penting :
Nama URL harus memakai http:// Contoh : http://demo.theme.id/ Apabila nama URL tidak memakai http:// maka URL nya bisa eror atau tidak tampil.
- Jadwal : berfungsi untuk menjadwalkan jam mulai dan jam selesai serta aktif dan menonaktifkan link. Lihat gambar dibawah ini :
- Prosentase Leads : berfungsi untuk membagi rotasi sesuai dengan angka prioritas.
- Primary : Digunakan sebagai Alternatif saat tidak ada jadwal yang aktif.
- Tanda + : berfungsi untuk menambahkan link.
4. Advance Settings
- Pixel Event : memilih Facebook Pixel Event dan Google Remarketing Event
- Text pada Tombol : text pada tombol saat loading menuju Link
Setelah semua sudah diatur maka Klik Publish. Kemudian Klik Open Link untuk melihat hasilnya. Dibawah ini hasil Rotator Link :
Dengan Campaign Rotator, anda bisa mengoptimalkan pembagian Leads berdasarkan prosentase dan waktu. Demikanlah Cara Membuat Campaign Rotator WhatsApp dan Rotator Link. Terima Kasih…